Kongres Nasional ke-IX Perhimpunan Alergi-Imunologi Indonesia

image
By On Senin, Mei 08 th, 2017 · no Comments · In

Kongres Nasional ke-IX Perhimpunan Alergi-Imunologi Indonesia

Ketua Panitia Dr. Gatot Soegiarto, dr, Sp.PD,K-AI membuka acara Kongres Nasional ke-IX PERALMUNI (Foto: Troy Fonda)

Kongres Nasional Perhimpunan Alergi-Imunologi Indonesia (Peralmuni) ke-9 telah diadakan di Surabaya pada tanggal 7-9 April 2017. Mengambil tema “Joining All the Forces to Tackle Allergy and Immunologic Disease”, acara ini meliputi simposium dan workshop mengenai berbagai materi di bidang alergi dan imunologi. Sebanyak 37 pembicara mengisi acara workshop, sedangkan acara simposium mendatangkan 47 ahli dari berbagai kota di Indonesia bahkan internasional.

Terdapat sepuluh workshop mengenai berbagai materi di bidang alergi imunologi yang diadakan pada tanggal 7 April 2017. Acara worshop sendiri diikuti 202 orang peserta. Ketua panitia, Dr. Gatot Soegiarto, dr, Sp.PD,K-AI, mengatakan bahwa acara workshop ditujukan bagi dokter di PPK I dan II supaya lebih kompeten dalam menangani penyakit-penyakit alergi imunologi yang datang di tempat tugas mereka. “Sangat disayangkan jumlah peserta workshop tidak seperti yang diharapkan, mungkin karena bersamaan dengan kegiatan ilmiah lain yang berdekatan, tetapi secara keseluruhan acara workshop berjalan lancar dan memungkinkan peerta berdiskusi secara langsung dengan para pakar dalam kasus-kasus nyata” tambah beliau.

Selain workshop, juga diadakan simposium pada tanggal 8-9 April 2017 yang diikuti 181 peserta. “Hampir seluruh materi dibidang alergi imunologi dibahas dalam simposium ini, termasuk penyakit-penyakit alergi, imunodefisiensi primer, infeksi HIV dan penyakit-penyakit autoimun. Berbagai pakar dari pusat-pusat pendidikan di Indonesia, mulai Medan hingga Manado ikut memberikan materi dari berbagai disiplin ilmu, baik penyakit dalam, alergi-imunologi, paru, kulit, pediatri, THT, dan mata” sambung beliau.

Selain acara workshop dan simposium, diadakan juga lomba poster mengenai alergi imunologi. Juara ke-3 lomba poster dimenangkan oleh dr. Agung Tizy dari UNSRI Palembang, juara ke-2 oleh dr. Yunisa dari UNSRI Palembang sedangkan peringkat pertama diperoleh dr. Pertiwi Rosanti dari RSUD Caruban Jawa Timur.

Penulis: Troy Fonda

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *